Membuat Aplikasi Pemetaan Android (Menampilkan Peta)

Salam super(mi) halah. Lagi sibuk dengan aktifitas persilatan perkuliahan dan dengan banyaknya tugas selaras dengan semakin tingginya semester, membuat blog yang sangat saya cintai ini tidak pernah diisi(ada sih cuma hanya sekedar tugas :p).

Pada semester ini, saya telah memasuki semester 6 dan dikampus tempat saya untuk menuntut gelar ilmu, mengharuskan saya untuk membuat Penulisan Ilmiah (PI). PI ini sendiri bisa dibilang 11:12 dengan skripsi, bedanya? hmm mungkin dalam tata cara penulisan, PI lebih sederhana dibandingkan dengan Skripsi (cmiiw).

Judul yang saya buat untuk PI ini sebenarnya terbilang sangat sederhana, akan tetapi karena aplikasi (android) yang saya buat membutuhkan library langsung dari sumbernya yaitu Google Maps, otomatis harus mengikuti peraturan-peraturan dan perkembangan terbaru dan itu lah salah satu kendala yang lumayan ribet bagi orang newbie seperti saya . Dari beberapa hal yang saya dapat dan pelajari, akhirnya saya memutuskan untuk membuat dokumentasi dalam artikel blog ini, langsung saja cekidot gans!.

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum memulai membuat aplikasinya adalah:
  1. Pastikan teman-teman telah mempunyai pengetahuan dasar tentang Eclipse dan mengerti tentang tools dasar dari aplikasi keci ini, karena disini saya menggunakan Eclipse.
  2. Setelah mempunyai Eclipse, pastikan bahwa library Google Play Services harus sudah terinstall pada Eclipse yang dipakai. Untuk menginstall library ini, bisa masuk ke Android SDK Manager, lalu cari Extras, centang Google Play Services, lalu install dan tunggu proses download (disini pengsintallan bersifat online, jadi pastikan terkonek ke internet) dan tunggu pengsintallan sampai selesai.
  3. Setelah berhasil mendownload Google Play Services, import dengan cara pilih File-Import-Android-Existing Android Code Into Workspace lalu Next dan browse lokasi lib yang dibutuhkan, biasanya berada di file google-play-services_lib yang lokasinya berada di SDK. Lihat contoh punya saya D:\Software\adt-bundle-windows-x86-20130219\sdk\extras\google\google_play_services\libproject\google-play-services_lib.
  4. Jika telah melewati langkah pertama sampai ketiga, selanjutnya adalah mendapatkan API dari google. Disini saya tidak akan menjelaskan, karena akan terlalu panjang. Alternatif lain, teman-teman bisa coba googling dengan keyword "cara mendapatkan api key sha1".
  5. Saya asumsikan langkah-langkah diatas telah terpenuhi semuanya. Selanjutnya buat project baru di Eclipse, saya menggunakan target API 17 dan minimal API 11. Yang perlu diperhatikan pada langkah ini adalah pemberian dari Package Name dan ini akan berhubungan dengan langkah 4.
  6. Saya asumsikan juga langkah 5 sudah oke, selanjutnya adalah mendaftarkan SHA1 dan nama package dari aplikasi untuk mendapatkan API KEY. Untuk ini juga teman-teman bisa coba googling dengan keyword "mendaftarkan api key maps v2". Biasanya langkah ke 4 akan sekaligus berhubungan dengan langkah ke 6 ini.
  7. Langkah selanjutnya adalah menambahkan lib google play services tadi ke project kita. Cara menambahkan lib tersebut adalah klik kanan pada project-Properties-Android, lalu pilih Add pada bagian Library, maka akan ditampilkan google-play-services_lib, lalu Ok.
  8. Setelah menambahkan lib pada project, langkah selanjutnya adalah ubah AndroidManifest menjadi seperti ini:
  9. 
    
        
        
    
    
    
    
    
    
    
    
        
            
            
                
                    
    
                    
                
            
            
            
            
            
        
    
    
  10. Ubah juga activity_main.xml menjadi seperti berikut:
  11. 
    
  12. Untuk class atau MainActivity.java sendiri tidak perlu diubah karena masih sekedar menampilkan peta.
Setelah mengikuti langkah demi langkah, test aplikasi langsung ke device. Kenapa langsung ke device ? karena jika menggunakan emulator, maka aplikasi ini tidak dapat ditampilkan kecuali dengan sedikit tambahan yang perlu diinstall, akan tetapi untuk aplikasi sejenis ini lebih dianjurkan untuk pengetesan langsung di device. Untuk hasilnya dapat dilihat seperti gambar dibawah ini:


Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar, terimakasih dan salam blogger :).

4 komentar :

  1. permisi ka . saya mau tanya dong . boleh ajarin buat ini engga buat tugas pi . email saya : elsanmichael@gmail.com . mohon bantuannya ya ka . trimakasih

    ReplyDelete
  2. bang charles . kalo boleh bagi ilmunya buat app mapping ini dong bang . kalo boleh minta kontaknya . trimakasih

    ReplyDelete
  3. bg mohon bantuannya buat aplikasi pemetaan berbasis android,dan saya boleh minta source code nya gk? my mail, PRADANAKREW@GMAIL.COM, MAKASIH BANYAK BG

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun ya :)