Pengertian, Tujuan dan Lingkup IBD

IBD(Ilmu Budaya Dasar), jika diartikan secara umum dari kata-katanya bisa disimpulkan bahwa, IBD adalah ilmu yang mempelajari tentang budaya atau kebudayaan dasar yang ada di lingkungan sekitar kita. Mulai dari permasalahan yang ada dalam budaya tersebut sampai dengan bagaimana cara untuk mengatasi dan terus menjaga budaya tersebut tentunya yang ada di Indonesia.
Menurut Prof.Dr. Harsya Bachtiar, ilmu dan pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu ilmu-ilmu alamiah (natural science), ilmu-ilmu social (social science) dan pengetahuan budaya (the humanities). The humanities itu sendiri memiliki arti bidang pengetahuan budaya yang disusun untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Dan untuk apa IBD di pelajari dalam mata kuliah itu sendiri, karena IBD sendiri bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dengan kebudayaan. Dan bukan bertujuan untuk mendidik ahli-ahli dalam satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya tadi. IBD juga sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, seperti memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun dirinya sendiri.
Ruang lingkup IBD sendiri sebenarnya ada di berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities) lingkungan sekitar kita, seperti dalam hal berteman di sekitar kampus itu juga merupakan suatu budaya komunikasi antara sesama mahasiswa atau antar mahasiswa dan dosen.

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)