Sorting Array Pada PHP

Sorting atau pengurutan meruapakan salah satu bagian penting dalam pemrograman PHP tentu, karena ini akan mengurutkan data dalam pencarian misalnya. Sebelumnya saya telah membuat tutorial array pada PHP dan ini merupakan tutorial untuk pengurutan atau sorting array pada PHP.
Ada 6 sorting pada PHP, yaitu sort, rsort, asort, ksort, arsort dan krsort. Tentu keenam jenis sorting ini memiliki fungsi yang sama yaitu itu untuk pengurutan hanya beda mengurutkan berdasarkan apa, misal dalam pencarian di situs jual beli dalam daftar harga ada berdasarkan merk atau juga bisa harga dari yang termurah ke mahal.

Berikut akan saya paparkan beberapa contoh dan penggunaan dari sorting-sorting:
  • sort() - ini merupakan sorting dari terendah dan menaik atau biasa disebut ascending, artinya misal pengurutan nomor jadi akan ditampilkan dari angka terkecil kebesar begitu pun dengan huruf sesuai alfabet akan diurutkan. Agar tidak bingung coba contoh berikut:
Contoh dengan angka:
<?php
$angka=array(7,2,4,11,1);
sort($angka);

$arrlength=count($angka);
for($x=0;$x<$arrlength;$x++)
   {
   echo $angka[$x];
   echo "<br>";
   }
?>
Contoh dengan huruf:
<?php
$abjad=array("B","A","X","F","U");
sort($abjad);

$clength=count($abjad);
for($x=0;$x<$clength;$x++)
   {
   echo $abjad[$x];
   echo "<br>";
   }
?>
  • rsort() - disebut juga orde ascending, ini adalah kebalikan dari sort() jadi mengurutkan dari atas ke bawah atau biasa disebut descending, untuk contoh sama saja hanya mengganti sort() menjadi rsort().
  • asort() - disebut juga ascending orde ini adalah sebenarnya sama dengan sort pada umumnya hanya berbeda karena bila ada dalam data ada berupa angka dan juga huruf misal nama beserta umur, jadi jika menggunakan asort() maka kita bisa mengurutkan dari umur bukan dari abjad nama.
Contoh:
<?php
$umur=array("Harto Daniel"=>"9","Sinta"=>"3","Devi"=>"17");
asort($umur);

foreach($umur as $x=>$x_umur)
    {
    echo "Nama=" . $x . ", umur=" . $x_umur;
    echo "<br>";
    }
?>
  • ksort() - disebut juga ascending orde, ini berfungsi sama dengan asort() tadi hanya kalau misal asort() mengurutkan berdasarkan nomor, maka ksort() berdasarkan nama atau huruf depan. Untuk contoh cukup ganti seperti asort() tadi yaitu ganti asort() menjadi ksort().
  • arsort() - disebut juga orde descending, ini adalah kebalikan fungsi dari asort cara kerjanya sama hanya berbeda pengurutan dalam artian misal asort() mengurutkan dari angka terkecil kebesar maka arsort mengurutkan dari besar ke kecil
Contoh:
<?php
$umur=array("Harto Daniel"=>"9","Sinta"=>"3","Devi"=>"17");
arsort($umur);

foreach($umur as $x=>$x_umur)
    {
    echo "Nama=" . $x . ", umur=" . $x_umur;
    echo "<br>";
    }
?>
  • krsort() -disebut juga desscending orde, seperti arsort() yang merupakan kebalikan dari asort() maka krsort() adalah kebalikan dari ksort(). Untuk contoh sama seperti arsort() bedanya ganti arsort() menjadi krsort().
Itu merupakan sorting-sorting yang ada pada PHP, cuma sedikit tetapi amat sangat diperlukan sebagai bekal  ilmu dasar-dasar PHP. Demikian tutorial tentang sorting array pada PHP, semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi yang membaca. Keep coding and keep blogging, salam blogger :).

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)