Teknologi Game Dari Masa ke Masa

Images by news.cnet.com
Beberapa minggu lalu, game dengan konsep sederhana yaitu Flappy Bird sukses menjadi perbincangan hangat, bahkan sang pembuat game tersebut diberitakan meraih ratusan juta dalam sehari hanya bermodalkan permainan sederhana tersebut. Memang dengan kesuksesan yang diraih tidak membuat developer game ini nyaman, terbukti dengan ditariknya permainan ini dari pasaran.

Well, kali ini saya bukan ingin membas mendalam tentang permainan ini :D, namun saya ingin membahas tentang perkembangan game dari masa-masa hingga perkembangan sampai sekarang seperti game basis mobile seperti Flappy Bird dan permainan lainnya, berikut ringkasan perkembangan teknologi game yang saya dapatkan.

Game Generasi Pertama

Tahun 1972, konsol game masih dikenal dengan nama Video Game. Magnavox merupakan perusahaan yang pertama kali mengeluarkan Video Game pertama yaitu Odyssey, namun 3 tahun berselang Magnavox menghentikan produksi-nya karena kalah oleh Atari yang merilis Sears yang berbasis mesin ding dong. Magnavox mengikuti jejak Atari dengan memproduksi Odyssey 100 dengan mesin serupa yaitu ding dong.

Game Generasi Kedua

1976 Fairchild berusaha untuk membuat sebuah trend baru dengan menciptakan Video Entertaiment System(VES) dan merupakan konsol pertama, namun konsol ini tidak bisa menembus pasar dan mengalami kebangkrutan.

Memasuki 1978, Magnavox meluncurkan Odyssey 2, namun seperti produk keluaran sebelumnya, perusahan ini kembali mengalami kegagalan. Perusahaan lain yang masih bertahan, Atari tidak lama berselang mengeluarkan konsol legendaris, Atari 2600, dengan game Space Invaders. Atari 2600 inilah yang kemudian menjadi dasar dalam perkembangan game saat itu atau pada tau 1980.

1983, terjadi lagi keterpurukan dunia video game, penyebab keterpurukan tersebut tak lain karena kurang kreatifnya game yang ada, selain itu konsol game juga kalah bersaing dengan PC yang multi fungsi yang juga mempunyai game sendiri. Commodore 64 merupakan PC yang memotori game komputer yang berkembang hingga saat ini.

Game Generasi Ketiga

Perusahaan Jepang yang bernama Famicom, pada tahun 1983 mengeluarkan gebrakan baru dengan mengeluarkan Nintendo Entertaiment System(NES). Nintendo merupakan yang pertama kali memasang chip pengaman pada game mereka, sehingga game yang ingin dirilis harus melalui izin Famicom terlebih dahulu.

Selain dinegara asalnya Jepang, Nintendo terus memasarkan produk mereka dan ternyata di Amerika Serikat, konsol buatan Famicom ini juga mendapat sambutan yang positif. Game keluaran Nintendo yang juga masih terkenal hingga kini adalah Super Mario.

Game Generasi Keempat

NES terus mendapatkan kesuksesannya, setelah di Amerika, mereka terus memasarkan produknya dan mendapatkan kesuksesan serupa seperti di Jepang dan Amerika. Sega adalah perusahaan serupa yang ingin menyaingi NES, Sega meluncurkan Sega Mega Drive dan dalam hal penyajian gambar konsol buatan Sega ini lebih unggul jika dibandingkan dengan NES.

Ingin terus berinovasi, akhirnya NES pada tahun 1990 mengeluarkan Super Nintendo Entertainment System(SNES) dan persaingan antara Sega dan NES pun terus berlanjut, hal itu juga ditandai oleh masing-masing icon mereka seperti Super NES dengan Mario Brothers melawan Sega Mega Drive dengan Sonic the Hedgehog.

Game Generasi Kelima

Periode 1990-1994 masih menjadi milik NES dan Sega, meskipun pada 1993 Panasonic mencoba mengeluarkan inovasi baru yaitu Panasonic 3DO dan telah menggunakan CD untuk menggantikan cartridge, namun Panasonic gagal untuk mengikuti kesuksesan NES dan Sega.

Tahun 1994, Sony dengan PlayStation muncul dan akhirnya Sony secara perlahan berhasil mengungguli pendahulunya yaitu NES dan Sega dan berhasil mendapatkan kesuksesan diseluruh dunia.

Game Generasi Keenam

1998, akhirnya Sony berhasil menguasai pasar konsol game dan menyingkirkan kedigdayaan NES dan Sega beberapa tahun yang lalu. Sega sendiri bukannya tidak mencoba inovasi baru, tercatat mereka mengeluarkan Sega Dreamcast, namun inovasi tersebut gagal meruntuhkan dominasi Sony dan akhirnya Sega memutuskan mundur dari produsen konsol game.

Memasuki tahun 2000, Sony masih terus mendominasi dengan keluarnya PlayStation 2 dan konsol ini juga telah menggunakan DVD sebagai media untuk pemutar game-nya. Berbeda dengan Sega, Nintendo masih terus mencoba bertahan terbukti dengan keluarnya Nintendo GameCuba, namun lagi-lagi Sony masih belum tergoyahkan. Raksasa komputer, Microsoft ikut meramaikan pasar konsol game dengan Xbox-nya, dibandingkan dengan PlayStation 2, memang Xbox memiliki visual yang lebih unggul dibandingkan PlayStation 2, namun Xbox juga tidak mampu mengusik PlayStation dari penjualan tertinggi.

Game Generasi Ketujuh

Tahun 2006, Xbox 360 meluncur dengan fitur dan visual yang lebih baik dibandingkan PlayStation 2, membuat Sony harus mengakui keunggulan dari langkah cepat yang diambil Xbox dalam mengembangkan konsol game mereka. Setelah Xbox 360 muncul, Sony akhirnya meluncurkan PlayStation 3 dan berselang seminggu dari Nintendo Wii yang masih juga terus membuat invoasi baru.

Game Generasi Handleheld, Mobile dan Online

Perkembangan game terus berkembang dengan sangat cepatnya, terbukti bahwa sampai sekarang telah hadir PSP atau game dengan menggunakan Mobile seperti halnya Flappy Bird, selain itu jika dahulu game hanya terbatas untuk 2 orang saja, sekarang pun telah bisa dimainkan oleh lebih banyak pemain dengan online game.

Untuk saat ini perkembangan game sudah sangat canggih, namun melihat makin maraknya perusahaan yang terjun dalam bisnis ini, pastinya dimasa yang akan datang game akan semakin canggih dan semakin terlihat nyata. Demikian Artikel tentang teknologi game dari masa ke masa, salam blogger ;).

Referensi 
www.zainalhakim.web.id/perkembangan-teknologi-game-di-dunia-2.html
www.zainalhakim.web.id/perkembangan-teknologi-game-di-dunia-1.html

1 komentar :

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun ya :)