Krisis Air Bersih Di Indonesia

source image: suarapembaruan.com
Air merupakan hal yang primer yang harus terpenuhin oleh setiap makluk hidup, bahkan bukan hanya manusia. Tumbuhan dan juga binatang juga sangat memerlukan dan bergantung kepada  air . Namun sekarang di berbagai daerah sering terjadi kekeringan dan sulitnya untuk mendapat  air  yang bersih dan terkadang terpaksa harus mengkonsumsi  air  yang tidak layak untuk di minum atau di gunakan untuk hal seperti mandi, atau juga mencuci pakaian, akibatnya adalah menimbulkan berbagai jenis penyakit terhadap masyarakat itu sendiri. Walaupun Indonesia adalah negara kepulauan dan memiliki banyak sumber air  akan  tetapi itu tidak menjamin bahwa semua masyarakat bisa dengan mudah mendapat  air yang bisa di konsumsi untuk kehidupan sehari-hari.
Sebenarnya banyak faktor yang menybebabkan sulit untuk mendapat  air , apalagi  air yang bersih dan layak untuk di minum, salah satu faktor yang paling besar adalah kemarau yang berkepanjangan sehingga bisa membuat kekeringan dan jangankan  air yang layak,  air kotor yang tidak layak pun akan sulit di dapat, dan jika ada akan menjadi "barang" rebutan di masyarakat itu sendiri.

Jadi bagaimana dan apa yang harus di lakukan jika di masa kemarau panjang dan kekeringan? Banyak cara yang bisa di lakukan untuk memanfaatkan  air yang kurang bersih sehingga bisa layak untuk di konsumsi. Misal saja menggunakan teknologi yang sekarang sudah tersedia, seperti Pure It dengan beberapa keunggulan berikut:
  • Serat Micro yang menghilangkan kotoran
  • Filter karbon aktif mampu menghilangkan parasit dan pertisida berbahaya
  • Processor pembunuh kuman dengan programmed disinfection technology menghilangkan bakteri dan virus berbahaya yang kasat mata
  • Penjernih yang membuat air menjadi jernih dan tidak berbau dengan rasa alami

source image: pureitwater.com/ID/
Mungkin masih banyak teknologi yang bisa mengubah  air yang tidak layak di konsumsi menjadi layak untuk di konsumsi, namun alternatif dari Pure It patut untuk di coba. Untuk itu mari untuk menggunakan air bersih dengan bijak, karena tidak semua masyarakat di Indonesia kita bisa menikmati apa yang mungkin kita nikmati setiap hari demi kelestarian sumber air bersih terlebih air minum. Salam blogger :)
 

1 komentar :

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Olla Ramlan

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun ya :)