Mengenal Perintah Dasar DOS

Mungkin ini pembahasan yang sangat classic, karena pertama perintah DOS jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kedua tentunya karena OS ini sudah tidak lagi di pakai untuk keperluan sehari-hari.
Tapi ini hanya sekedar sharing, barang kali ada teman-teman yang sekedar ingin tau atau memang lagi belajar.
Perintah DOS sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu Internal dan Eksternal. Yang dimaksud dengan perintah Internal adalah perintah yang saat booting sudah bisa langsung di pakai atau dijalankan, sementara perintah Eksternal membutuhkan pihak ketiga untuk menjalankan perintah atau mengeksekusinya.
Untuk belajar perintah DOS, kita tidak perlu menginstall MS. DOS karena OS ini juga sudah hampir punah :D. Untuk itu kita bisa menggunakan layanan CMD pada windows, cara masuk CMD silahkan cari tau sendiri :p.


Berikut adalah perintah-perintah pada DOS yang sering atau paling umum digunakan(perintah dasar DOS):
  • MD(make directory), ya perintah ini adalah untuk membuat sebuah directory(folder) kosong. Cara penggunaan dari perintah ini sangat mudah yaitu dengan format C:\>md (nama_directory) jadi jika ingin membuat directory COBA maka dapat mengetikkan C:\>md COBA. Berbeda dengan Unix/Linux, DOS tidak berlaku case sensitive jadi tidak membedakan huruf kecil atau kapital.
  • CD(change directory), perintah ini adalah untuk berpindah directory. Contohnya C:\>cd COBA, maka kita akan masuk dalam directory COBA.
  • RD(remove directory), ini adalah perintah untuk menghapus directory kosong. Untuk format pemakaiannya C:\>rd (nama_directory). Contohnya C:\>rd COBA, untuk menghapus directory COBA.
  • DIR, untuk menampilkan file atau directory pada jendela yang sedang aktif atau tempat dimana user sedang berada. Contohnya C:\>dir
  • CLS, untuk membersihkan layar atau melipat layar. Misal sudah terlalu penuh pada window dan untuk memulai dari atas dan memberishkannya cukup dengan perintah ini. Contohnya C:\>cls
  • REN, perintah ini juga bisa dijalankan jika dengan menggunakan RENAME, seperti artinya ini merupakan fungsi untuk mengganti nama directory atau bisa juga mengganti nama file. formatnya C:\>ren (nama_file_awal) (nama_file_ubah), Contohnya C:\>ren COBA1 COBA2.
  • COPY, perintah ini adalah untuk menggandakan file atau bisa juga directory. Formatnya adalah C:\>copy COBA1 D:\Folder1
  • MOVE, perintah ini sama seperti COPY hanya saja ini bukan untuk menggandakan tetapi untuk memindahkan formatnya sama seperti copy hanya tinggal mengganti copy menjadi move.
  • TREE, untuk melihat struktur dari lokasi yang kita lihat. Jika menjalankan perintah ini, maka akan ditampilkan seperti pohon dimana bagian terluar(drive) sampai bagian terdalam sub directory bahkan isinya(file). Contohnya C:\>tree.
Itu perintah yang sangat sederhana dan paling umum digunakan, sebenarnya masih banyak lagi perintah-perintah pada DOS. Namun sebelum lanjut alangkah lebih baik mengetahui perintah dasar dahulu, jika ada waktu dan kesempatan(tidak malas) saya akan melanjutkan perintah DOS yang lebih banyak lagi. Keep blogging dan salam blogger :).

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)