Sejarah Website

Website, tentu bagi pengguna internet ini adalah hal yang pasti sudah pernah di dengar. Dan jika ditanya apa itu website, belum tentu semua orang bisa menjelaskan, apa itu website. Sebelum menelisik lebih lanjut tentang sejarah website itu sendiri, alangkah lebih baik untuk tau definisinya. Website bisa di definisikan sebagai halaman online yang bisa atau sudah di upload di hosting atau server terntu dengan berisikan konten-konten beruapa informasi dan lainnya. Selagi ada internet dan tidak di blok tentu saja bisa di akses dimana pun kita berada. Namun ada juga website lokal yang hanya bisa terhubung di jaringan lokal, biasa untuk belajar web kita harus menginstall server lokal terlebih dahulu.

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, situs web yang pertama kali terhubung ke jaringan tahun 1991. Tujuan dari Tim ketika merancang web adalah untuk tukar menukar informasi, dan lebih update terhadap informasi sesama peneliti di tempat kerja. 30 April 1993, tempat kerja Tim, CERN diumumkan bahwa WWW(world wide web) bisa digunakan gratis oleh publik. Web biasanya terdapat pada sebuah domain atau subdomain, yang berada pada WWW di Internet. HTTP adalah protokol yang ada pada internet dimana fungsinya adalah untuk menyampaikan infromasi dari server dan ditampilkan kepada orang yang meminta melalui web browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chroome dan lainnya.

Website biasanya dibuat oleh individu atau perseorangan maupun sebuah tim, dan isi dari website itu sendiri biasanya adalaha berhubungan dengan sang pemilik web tersebut. Misal sebuah perusahaan untuk mengenalkan produknya bisa menggunakan sebuah website, sebagai media. Website sendiri perlu sebuah server untuk menjalankannya, dan server web tersebut tentu sudah dilengkapi oleh software khusus. Untuk server web yang paling populer dan banyak digunakan adalah Apache dan juga IIS. 


Website juga terbagi menjadi 2, yaitu statis dan juga dinamis. Berikut penjelasan dari website dinamis dan statis :

  • Website statis adalah website yang dibuat sederhana, website ini mesti melakukan edit total untuk menambah sebuah artikel,konten dan lainnya. Untuk mengedit isi ini diperlukan sebuah editor, di windows kita bisa mengguankan notepad. Atau ada juga editor yang lebih khusus, yang terkanal adalah seperti notepad++. Untuk membuat ini diperlukan pengetahuan bahasa web seperti html, tetapi sekarang banyak software yang mempermudahkan kita untuk membuat website statis ini, tanpa harus terlalu paham tentang bahasa html. Misalnya saja rapidweaver, atau ada juga editor yang bisa melihat antarmuka seperti macromedia dreamweaver.
  • Website dinamis adalah website yang isinya dapat di update atau diperbarui secara berkala, misal kita ingin menambahkan artikel baru, tidak perlu untuk mengedit total melalui kode tetapi kita cukup memposting seperti halnya mengetik sebuah dokumen di word, dan setelah selesai dapat langsung di posting dan bisa langsung di edit jika terjadi kesalahan. Untuk membuat website dinamis, ini lebih rumit dibandingkan dengan website statis, karena website dinamis menggunakan banyak bahasa, seperti bahasa dasar html, php,css,javascript dan juga database misalnya mysql.
Perkembangan website sekarang ini sudah sangat maju, dan banyak bahasa website yang lain yang terus di kembangkan dan juga di buat. Sekarang kita bisa melihat orang yang jauh dan bisa melakukan chat hanya dengan sebuah website, ataupun mengakses informasi tiket pesawat terbang hanya dengan sebuah website. Jadi website itu sangat berguna dan banyak manfaatnya. Dan blog ini juga merupakan bagian dari website loh :D(referensi http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web)
Nama Kelompok

NamaNPMKelas
Ali Akbar504115932IA15
Amanda Tribuana Mentari P504116612IA15
Charles Simanjuntak514116182IA15
M. Ardi Yudha Prawir544117662IA15
Venessa Arie 584118612IA15

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)