Membuat Background Dan Menu Pada Strawberry Prolog

Kebetulan lagi ada praktikum yang membahas tentang pembuatan game sederhana menggunakan Stawberry Prolog dan juga untuk ujian harus membuat game sederhana dengan menggunakan strawberry prolog ini, jadi mau tidak mau harus PDKT-an sama si strawberry ini.

Tetapi ternyata setelah mencari-cari informasi kesana kemari, akhirnya saya tidak menemukan banyak tutorial mengenai si strawberry ini, jadi akhirnya saya hanya mempelajari secara manual dari beberapa contoh game yang ada pada strawberry prolog(oh iya di dalam strawberry prolog ada beberapa game yang bisa digunakan untuk modif).

Saya kemarin masih mencoba membuat tampilan awal dari rancangan game yang ingin saya buat, yaitu ingin membuat background serta menu pada game. Saya coba googling dan ternyata saya belum ketemu dan dari itu siapa tau ada teman-teman yang mencari cara memasang atau membuat background pada strawberry prolog bisa terbantu dengan tutorial ga penting ini.

Oke pertama adalah membuat background terlebih dahulu, sebelumnya pastikan bahwa strawberry prolog telah terinstall, jika belum bisa mendownload pada situs resminya http://www.dobrev.com. Ketikkan listing program berikut:

%awal pembukaan dari pengetikan sintaks program
?-

%memanggil background
G_background is bitmap_image("background.bmp",_),

%membuat judul
window_n(G_Main, _, win_func, "Demo",200,120,900,530,_,_,rgb(0,0,0)). %sintaks awal dan judul

%membuat kotak dialog saat di close
win_func(close) :- not( yes_no("keluar","ciyus nih mau keluar?? cungguh?? enelan ?? miapah??", ?)).

win_func(init):- %sintaks awal membuat menu
menu( pop_up, _, _, menu_pilihan(_),"&Pilihan"), %menu pilihan
menu( normal, _, _, menu_bantuan(_), "&Bantuan"). %menu bantuan
menu_pilihan(init):- %sintaks awal membuat sub menu
menu(normal,_,_,mulai_game(_),"&Mulai"),%menu untuk memulai permainan
menu(normal,_,_,menu_exit(_),"&Keluar"). %menu untuk keluar dari permainan

menu_bantuan(press):-
message("Apa ini ?","Ini adalah bantuan -_-",i).

win_func(paint):-
  draw_bitmap(0,0,G_background,_,_). 

Perintah % adalah komentar dan untuk memudahkan dalam hal pembacaan fungsi dari sintaks yang ada. Oh iya, komentar untuk sintaks diatas mungkin tidak 100% benar, karena saya sendiri masih sedikit kebingungan mengenal fungsi-fungsi pada strawberry, tetapi yang jelas untuk membuat background yang perlu diperhatikan adalah sintaks yang ada pada %memanggil background dan juga %mencetak background, karena saya mencoba menghapus salah satunya dan hasilnya background tidak bisa tampil.

Oh iya satu lagi, untuk meletakkan gambar sebagai background pastikan berada dalam satu folder program utama, karena jika tidak maka gambar tidak akan terpanggil atau jika letaknya berbeda bisa menambahkan lokasi lengkap gambar. Untuk support gambar sendiri saya tidak begitu pasti, tetapi saya kemarin mencoba mengganti gambar format bmp menjadi png dan alhasil fungsi dari png-nya hilang.

Selain itu terdapat juga sintaks untuk membuat menu, sub menu dan juga pop-up dari menu. Jadi saat program dijalankan maka akan ada 2 menu yaitu Pilihan dan Bantuan, pada menu Pilihan ada lagi 2 sub menu yaitu Mulai dan Keluar. Menu Bantuan sendiri jika diklik hanya mengeluarkan pesan, biasanya digunakan sebagai menu Help. Untuk fungsi sub menu sendiri belum bisa digunakan karena baru desain awal. Sedikit tambahan adalah sintaks untuk membuat kotak dialog program saat ditutup.

background dan menu di strawberry prolog
Demikian tutorial singkat dan kurang jelas dari saya, semoga bermanfaat dan mudah dicerna. Kemungkinan kalau ada waktu dan tidak malas saya juga akan sharing project yang sudah jadi nantinya. Salam blogger :).

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)