Membuat Blog Sederhana Menggunakan Yii

Yii merupakan sebuah framework berbasis PHP yang sudah sangat dikenal, baik di Indonesia maupun diberbagai negara. Yii memang terkenal dengan modul yang tersedia didalamnya, sehingga membuat Developer seakan dimanjakan oleh framework ini.

Saya sendiri baru mulai mempelajari pemrograman PHP dengan menggunakan framework, sebelumnya saya juga telah "mencicipi" sedikit framework lain yaitu CodeIgniter, tetapi karena penasaran dengan Yii karena banyak yang menyarankan menggunakan framework tersebut, jadilah saya berganti kiblat framework ke Yii :D.

Ini merupakan tutorial pertama yang saya buat untuk Yii, yaitu membuat blog sederhana dengan menggunakan Yii, jadi harap maklum masih sangat sederhana :D. Oke, let's start.
  • Pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Yii dari situs resminya, bisa mengunjungi http://www.yiiframework.com/download/. Untuk info, saya menggunakan OS keluaran Windows, jadi saya memilih versi zip.
  • Setelah mendownload Yii tadi, pastikan komputer/laptop telah terinstall oleh web server, disini saya menggunakan Xampp.
  • Jika Xampp telah terinstall, selanjutnya adalah mengaktifkan 2 komponen pada panel Xampp yaitu Mysql dan Apache.
  • Jika Mysql dan Apache telah aktif, maka lanjutkan dengan membuat sebuah basis data berikan nama basis data tersebut blog. Untuk cara pembuatan basis data mungkin teman-teman sudah mengerti, jadi tidak perlu saya jelaskan cara pembuatannya. Setelah membuat basis data blog, import file schema.mysql.sql yang terdapat di folder blog-protected-data.
  • Buka file Yii yang telah di-download tadi, setelah itu ekstrak file Yii tersebut didalam xampp/htdocs, misalkan saya menginstall Xampp di drvie C jadi menaruh di C:/xampp/htdocs. Untuk memudahkan, ubah nama hasil ekstrak tersebut menjadi nama yang lebih mudah diingat, misalkan menjadi yii.
  • Masuk kedalam folder yii tadi, lalu masuk dalam folder demos, selanjutnya copy folder blog kedalam folder htdocs yang berada di folder xampp.
  • Coba buka di browser, karena nama foldernya blog, maka buka alamat di browser localhost/blog dan lihat hasilnya. Jika terjadi error seperti gambar dibawah, bearti langkah-langkah pembuatannya telah benar. 
  • Edit file index.php yang ada didalam folder blog. Ubah pada baris $yii=dirname(__FILE__).'/../../framework/yii.php'; arahkan alamat tersebut dengan folder yii( folder utama saat download pertama kali) setelah itu arahkan pada folder frameworkk/yii.php. Misalkan menjadi $yii='C:/xampp/htdocs/yii/framework/yii.php';.
  • Buka lagi file main.php yang berada pada folder blog-protected-config, setelah itu cari sintaks seperti dibawah lalu hilangkan tanda /* dan */ untuk mengaktifkan sintaks.
/*
'db'=>array(
'connectionString' => 'mysql:host=localhost;dbname=blog',
'emulatePrepare' => true,
'username' => 'root',
'password' => '',
'charset' => 'utf8',
'tablePrefix' => 'tbl_',
),*/

  • Untuk mengetest buka lagi pada browser dan test dengan alamat localhost/blog. Coba untuk login melalui menu login, masukkan username demo dengan password demo, setelah itu coba tambahkan artikel baru.

Demikian tutorial sederhana membuat blog sederhana menggunakan Yii framework, untuk memudahkan sebaiknya teman-teman menyamakan nama-nama folder, basis data dan lainnya seperti tutorial. Jika ada pertanyaan atau kurang dimengerti, silahkan tinggalkan komentar. Salam blogger ;).

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)