Mengenal Web 1.0, 2.0, 3.0


Seiring zaman, perkembangan website kini semakin maju dan semakin vital. Jika manusia punya teori tentang evolusi manusia yang di tuturkan oleh Darwin, walaupun masih banyak yang menjadi kontroversial, di dunia website pun ada banyak terjadi evolusi, namun ini lebih bisa di pertanggung jawabkan teorinya, karena berdasarkan sejarah beberapa tahun silam :D.
Untuk mengetahui tentang sejarah website sendiri, saya sudah pernah buat sebelumnya, jika berkenan silahkan di baca disini. Website sendiri terdiri dari web 1.0, web 2.0 dan web 3.0 secara umum sampai sekarang ini. Untuk lebih memahami bisa melihat gambar diatas.
Untuk detail atau lebih lengkap, saya akan coba memaparkan, seperti dibawah ini:
  • Web 1.0, ini adalah versi pertama kali website muncul dan tentu saja fitur nya tidak secanggih seperti sekarang ini, ciri-ciri dari website versi pertama ini biasanya sangat monoton dan belum terlalu menarik dan untuk melakukan komunakasi antara pembaca dan pemilik web hanya bersifat satu arah saja, karena secara umum sifat dari web ini adalah "read".

  • Web 2.0, dan beberapa saat kemudian muncul versi 2.0. Dan perbedaannya dengan versi 1.0 adalah  pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya.Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop. O’Reilly adalah orang yang pertama kali memperkenalkan web 2.0 pada tahun 2004. Web generasi kedua ini  mengedepankan perpaduan dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: "flickr.com", "del.icio.us") merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web. Teknologi kedua ini sudah menggunakan CSS (Cascading Style Sheets),Ajax, Markup XHTML, Rss, XML Web-service API).

  • Web 3.0, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Untuk lebih lengkap bisa melihat pada gambar dibawah ini:
Nama Kelompok

NamaNPMKelas
Ali Akbar504115932IA15
Amanda Tribuana Mentari P504116612IA15
Charles Simanjuntak514116182IA15
M. Ardi Yudha Prawir544117662IA15
Venessa Arie 584118612IA15

1 komentar :

Gunakan bahasa yang santun ya :)