Mengenal Metode AHP

Analytic hierarchy process atau yang biasa disebut AHP saja, merupakan sebuah metode / teknik yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Sesuai namanya, AHP juga membuat susunan-susunan mulai dari goal, kriteria dan alternatif secara hirarki.

Apa itu goal, kriteria dan alternatif? Goal sudah pasti adalah tujuan akhir atau dengan kata lain adalah keputusan yang diambil. Alternatif adalah sebuah pilihan-pilihan yang tersedia untuk menjadi sebuah goal. Kriteria sendiri adalah sebuah atau beberapa syarat yang mesti terpenuhi oleh alternatif-alternatif yang ada untuk mendapatkan goal.

Mungkin dengan contoh sederhana akan lebih memudahkan bagiamana membedakan mana bagian goal, alternatif dan juga kriteria.

Contoh, misal pada kasus yang saya gunakan adalah kita akan memilih presiden pada tahun 2014 mendatang. Untuk memilih beberapa presiden terdapat 3 kandidat yang saling bersaing dan dengan menggunakan beberapa kriteria, dan dari situ kita bisa mengambil keputusan dengan AHP dan memilih alternatif yang lebih unggul.

Contoh sederhana AHP
Dari contoh gambar diatas digambarkan bahwa setiap Alternatif(calon) harus memenuhi Kriteria(persyaratan), lalu dari setiap Alternatif maupun Kriteria tersebut pasti mempunyai bobot / nilai sehingga pada akhirnya didapatlah Goal dengan metode AHP untuk memilih Presiden Indonesia 2014.

Demikian artikel sederhana tentang mengenal metode AHP, semoga bermanfaat dan mudah dimengerti. Apabila ada kesalahan atau ingin menambahkan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar, salam blogger :).

NB : Untuk mencoba membuat contoh kasus dengan metode AHP bisa menggunakan beberapa software, salah satunya adalah Expert Choice 2000.

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)