Mengenal Bad Design Dan Contohnya

Bad Design atau desain yang buruk, mungkin terdengar sedikit asing ditelinga orang, namun meskipun orang awam sekaligus pasti akan mengerti apa yang dimaksud dengan bad design. Bad design secara garis besar atau umum, mungkin digambarkan pada sebuah objek desain dengan tampilan yang berantakan, kurang rapi dan tidak enak dipandang.

Desain yang buruk sebenarnya banyak, kita dapat melihat pada kehidupan sehari-hari baik itu secara langsung di dunia nyata seperti poster, baliho dan lainnya, atau pada dunia maya misalkan seperti tampilan website dan masih banyak lainnya.

Kali ini, saya hanya membahas tentang desain yang buruk pada sebuah website, dan ini merupakan menurut pengamatan saya pribadi. Website yang saya maksud adalah ganool.com dan sekedar untuk gambaran, berikut merupakan screenshoot dari website tersebut.

Dan berikut merupakan hal yang membuat webiste ganool.com tersebut, menurut saya mempunyai desain yang buruk:
  • Dari segi tata letak, sebenarnya ganool.com mempunyai tata letak yang lumayan rapi, namun peletakkan iklan yang (menurut saya) sembarang, membuat website ini terlihat menjadi kurang enak dilihat. Memang iklan merupakan salah satu sumber pemasukan dari banyak website, termasuk ganool.com, hanya saja seharusnya pemilik website tersebut juga memperhatikan dari segi keindahan tata letaknya.
  • Dari segi warna, terlihat jelas bahwa pada tampilan website tersebut terkandung bermacam-macam warna dan lagi-lagi yang membuat rame adalah iklan. Latar belakang website yang berwarna hitam membuat tampilan dari website dengan perpaduan banyak warna tidak begitu enak dilihat, mungkin warna terang yang netral seperti warna putih akan membuat website jauh lebih enak dilihat.
  • Ini sebenarnya sudah disinggung pada poin pertama dan kedua, yaitu iklan. Iklan memang menjadi salah satu sumber penghasilan yang besar dari sebuah website, namun tentu saja dengan menampilkan iklan yang sangat banyak, membuat kenyamanan dari pengunjung website tersebut menjadi terganggu bahkan cenderung malas membukanya jika tidak terlalu darurat. Sebaiknya dalam pemasangan iklan jangan terlalu banyak, harus dibatasi sehingga tidak membuat pengunjung jenuh terhadap website tersebut, karena jika pengunjung malas membuka website tersebut akan berdampak pada turunya trafik dari website dan pemasang iklan akan enggan untuk terus memasang pada website tersebut.
Menurut saya, 3 hal tersebut yang membuat ganool.com menjadi sebuah webiste dengan desain yang buruk, namun artikel ini bukan bermaksud untuk menjatuhkan, menjelekkan ataupun tindakan yang merugikan untuk website yang bersangkutan, hanya saja karena tuntutan tugas kuliah yang harus membahas tentang bad design :p. Demikian artikel tentang bad design tentang salah satu website yaitu ganool.com, semoga bermanfaat dan salam blogger :).

2 komentar :

  1. Bad design ane setuju, tapi kalau dari penghasilan ganool.com tuh milyaran gan. gilak!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap bener bgt gan, penghasilan dari situ emg gede bgt. sayangnya itu ga legal kan ya :p

      Delete

Gunakan bahasa yang santun ya :)