Contoh Program "input" Qbasic

Contoh Program "input" Qbasic. Sebenarnya bahasa pemrograman ini bersifat dasar namanya juga qbasic. Untuk membuat program dari qbasic tidaklah sulit tetapi mungkin jika teman-teman yang kuliah dan yang mengajar adalah dosen yang ga asyik otomatis pelajaran mudah sekali pun pasti menjadi sulit. Penulis sendiri telah merasakan bagaimana cara mengajar dosen yang kurang enak, dan akhirnya awal mengikuti pelajaran duduk paling depan, beberapa minggu kemudian mulai di belakang dan beberapa minggu kemudian lagi tidur di lantai belakang kursi pojok :D.
Akhirnya saat sang dosen memberikan tugas membuat program dengan qbasic sebagai syarat quiz pun jadi malas masuk jadi lebih enak main billiard, memang kalau kuliah itu tidak bisa selalu berpatokan pada pengajar dalam hal ini dosen, ya walaupun begitu tentu dosen juga yang berperan besar untuk membuat suatu pelajaran menjadi menarik dan membuat para mahasiswanya menjadi tertarik untuk terus mencari tau tentang pelajaran yang dosen ajarkan.
Tapi ya sudahlah, hal itu sudah berlalu dan akhirnya penulis harus belajar semua dari awal lagi :-/ dan untuk mencari source atau pun referensi sangat susah jadi akhirnya penulis ingin membuat dokumentasi pada blog ini, untuk berbagi sekaligus jika lupa bisa di lihat di blog ini juga :).
Contoh program ini masih bersifat sangat sederhana, yaitu perintah dengan mengguankan "input" dan penulis ingin membahas semua dari awal jadi bertahap dahulu dan harus belajar ulang semua yang pernah di ajarkan, maaf curhat dulu :D ini dia source qbasic dengan input:
CLS
INPUT "nama mahasiswa:",nama$
INPUT "npm:",npm$
INPUT "kelas:,kelas$
PRINT "Data",nama$,npm$,kelas$
Dan hasil atau print out dari program diatas adalah seperti gambar di bawah, bagaimana tidak sulitkan sebenarnya cuma harus sering belajar biar pintar, semua orang juga tau itu tapi praktek nya kok susah ya ? :D, semoga bermanfaat dan salam blogger :).

2 komentar :

  1. gan , mau tanya . itu kan program input data ya , kalo setelah input trus datanya mau di save gimana caranya gan?

    ReplyDelete
  2. wah sorry gan, itu mgkn mksd ny pake dtabase ya? ane cma bsa dsar doang hehe

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun ya :)