4shared Di Blokir, Efektif-kah ?

Menteri Kominfo, Tifatul Sembiring mempunyai rencana yang membuat orang terkejut dengan aturan yang akan menutup situs-situs yang menyediakan download lagu gratis, sejumlah situs-situs yang menyediakan jasa untuk download lagu gratisan dan menjadi blacklist dari Kominfo itu adalah, GudangLagu.com, GudangLagu.net, Mp3sGratis.net, Mp3Lagu.com, WarungMp3.com, PanduMusica.info, Musik.Corner.com, Mp3Bos.com, Mp34shared.com, Musik.flazher.com, Index.of.mp3.com, MissHacker.com, TrendMusik.com, AbMp3.com, KatalogMp3.info, Mp3Bear.com, Mp3Downloading.com, FreeDownloadMp3.org, DewaMp3.com, PlasaMusic.com.

Hal ini dikarenakan menurut Bapak Menteri tersebut banyak yang mengunduh lagu-lagu tanpa izin dari penciptanya dan membuat beberapa musisi mengalami kerugian akibat dari pembajakan tersebut, jika dilihat dari sisi ini Bapak Tifatul emang benar, tetapi ternyata tidak semua musisi merasa dirugikan apabila lagu-lagu mereka diunduh, karena free download lagu ini merupakan salah satu media untuk mempromosikan lagu-lagu mereka kepada masyarakat yang mudah dijangkau dan tidak memerlukan biaya banyak tentunya.
Dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata, Bapak Menteri juga ingin memblokir 4shared tempat untuk menyimpan file termasuk lagu-lagu tadi, namun pertanyaan besarnya apakah tindakan untuk memblokir 4shared tersebut sudah efektif ? dan dapat mengurangi pembajakan ? kalau menurut opini Penulis tindakan itu keliru karena 4shared itu bukan tempat untuk meletakkan lagu saja namun disitu kita bisa berbagi file free yang legal dan rencana penutupan tersebut tentu membuat berkurangnya sarana untuk mengupload file gratisan dan bagaimana dengan youtube, apakah nantinya juga akan ditutup ? Kita lihat saja nantinya kebijakan dari Bapak Menteri, karena Bapak itu Menteri yang mempunyai wewenang harus berfikir positif dan negatifnya dan bagaimana baiknya menurut semua rakyat Indonesia jangan hanya melihat dari satu sisi. Salam Blogger :)

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)