Mengenal Distro Linux

Distribusi linux, atau yang lebih sering disebut distro linux adalah kumpulan dari jenis-jenis kernel yang di gabungkan sehingga menghasilkan sebuah Operating System(OS) atau distro linux. Disinilah kelebihan dari linux yang open source, sehingga tiap orang bebas untuk mengembangkan distro linux dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak perlu membayar license pastinya. Berikut adalah nama-nama distro linux yang mungkin sudah tak asing lagi di dengar.

Redhat, merupakan salah satu distro yang sudah sangat terkenal dan dikembangkan pertama kali oleh Bob Young dan Marc Ewing, pada tahun 1995. Redhat mempunyai dokumentasi banyak yang dapat diperoleh dari internet, sehingga bila ada kesulitan dengan redhat, pengguna bisa mengunjungi situs komunitas pengguna RedHat yang membentuk grup yang ada di internet.


Suse, merupakan distro yang memiliki kemampuan yang lebih dalam mengenal hardware dibandingkan dengan distro lainnya. Suse dikembangkandan didukung penuh dari komunitas KDE yang berada di Jerman.


Slackware, distro satu ini merupakan distro yang sudah cukup lama dan pertama dibuat dan dikembangkan oleh Patrick Volkerding, pada tahun 1992. Untuk mempelajari linux lebih dalam dengan distro ini sangat cocok, tetapi bagi yang baru belajar linux pasti lebih rumit menggunakan distro satu ini, karena ini merupakan distro yang senior jadi agak rumit dan tidak seperti distro umum sekarang ini yang lebih mudah digunakan.

Knoppix, merupakan distro yang dikembangkan oleh Klaus Knopper di jerman dan termasuk distro baru dan langsung mendapat perhatian khusus karena langsung mendapat 5 besar, distro pilihan user. Kelebihan dari distro ini adalah dapat mendeteksi harware secara otomatis, jadi lebih praktis untuk digunakan.


BlankOn, ini merupakan distro linux buatan anak Indonesia yang dikembangkan oleh YPLI(yayasan penggerak linux indonesia) yang bertujuan membuat distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.


Itu merupakan beberapa distro yang menurut penulis sudah familiar di Indonesia dan juga Dunia dan sudah banyak digunakan dan juga dikembangkan. Jadi apakah anda tertarik menggunakan salah satu distro linux, tidak ada salahnya mencoba apa lagi selagi gratis kan ;). Salam blogger :)

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)