Apa Itu Routing

Kali ini penulis ingin sedikit share tentang apa itu routing. Pengertian sederhana routing adalah meneruskan, apa yang diteruskan tentu saja jaringan yang berbeda class, kita ambil contoh seperti gambar disamping, komputer A yang IP-nya 10.120.2.0 ingin terhubung dengan komputer B yang IP-nya 172.16.1.0, kedua IP tersebut jelas tidak bisa langsung terhubung, karena berbeda class-nya disitulah fungsi dari routing, menggabungkan 2 atau lebih jaringan yang berbeda class. Dengan me-routing kita dapat menggabungkan IP tadi. Dengan me-routing, paket-paket yang ditujukan ke jaringan pertama, akan meneruskan paket yang diterima kepada router lainnya sehingga sampai ke tujuan dan bisa saling terhubung walaupun berbeda class jaringannya.

Kita dapat melakukan routing dengan 2 cara, yaitu Static Routing dan juga Dynamic Routing. Apa perbedaan dari Static Routing dan Dynamic Routing ?. Jika kita melihat dari sisi konfigurasi, routing dinamis(dynamic routing) lebih gampang karena tidak perlu menghubungkan semua ip secara manual satu persatu, sedangkan routing statis (static routing), kita harus melakukan konfigurasi secara manual dari semua sisi. Berikut spesifik dari routing statis dan juga routing dinamis.

Routing Dinamis
  • Router berbagi informasi routing secara otomatis, sehingga lebih gampang digunakan.
  • Jumlah gateway jika menggunakan routing statik akan lebih banyak.
  • Tabel routing dibuat secara dinamis, jadi admin tidak terlalu banyak bekerja .
Routing Statis
  • Router tidak dapat berbagi informasi routing.
  • Gateway dari routing statis, lebih sedikit dibanding routing dinamis.
  • Dan tabel routing harus dibuat manual oleh admin.
Kebanyakan orang mungkin lebih suka menggunakan routing dinamis dibanding dengan routing statis karena dalam hal konfigurasi juga lebih mudah dan juga cepat, tapi jika ingin mempelajari alangkah lebih baiknya mempelajari routing statis terlebih dahulu karena kita akan lebih mengerti tentang routing, dan jika ingin mempelajari-nya anda dapat mendownload software packet tracert, silahkan aja googling :). Semoga artikel ini dapat bermanfaat, kalau ada salah maklum aja masih newbie, salam blogger :).

2 komentar :

Gunakan bahasa yang santun ya :)