Bagian-bagian Dari OSI Layer

Bagian-bagian Dari OSI Layer. Pada artikel Penulis sebelumnya pernah membahas tentang Mengenal OSI Layer, dan ini merupakan artikel dari lanjutan tentang Bagian-bagian Dari OSI Layer. Walupun mungkin informasi atau artikel ini masih banyak kekurangan, semoga saja bisa jadi pembelajaran ke depan-nya agar lebih baik lagi pastinya, untuk kemajuan-diri.blogspot.com.
Seperti yang Penulis bahas di artikel sebelumnya, OSI Layer mempunyai 7 Lapisan, seperti pada gambar di samping ini, Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data, dan Physical.
Dari 7 layer tersebut tentu mempunyai fungsi masing-masing dan mari kita bahas fungsi dan bagian masing-masing dari k-7 lapisan OSI tersebut.
  • Application, Layer ini adalah yang bertugas mengatur agar aplikasi seperti namanya, dapat terhubung ke jaringan. Protocol dari appication adalah http, ftp, smtp dll.
  • Presentation, berfungsi sebagai pemberi layanan penyajian format aplikasi agar tidak terjadi pertukaran data yang tidak di inginkan. Contoh-nya seperti remote desktop protocol(RDP).
  • Session, bertugas untuk mengelola antar host dalam bentuk membuat, dan juga pemeliharaan.
  • Transport, adalah lapisan yang mempunyai tugas melakukan segment(pemecahan data) pada host pengirim dan menggabungkan data pada host penerima.
  • Network, berfungsi memberikan pengalamatan pada host yang tercepat dan teraman pastinya.
  • Data/Data Link, memberikan pengalamatan fisik dalam bentuk merubah data menjadi frame. Seperti HUB, Repeater, Brdige dll.
  • Physical, memberikan media akses pengiriman media dan mengubah sinyal dalam pengiriman data-data.
Mungkin ini hanya sebagian kecil dari bagian-bagian OSI Layer, jika ada yang mau atau ingin menambahkan silahkan saja, lain waktu kalau ada informasi lebih tentang OSI Layer Penulis akan posting tetapi kalau sudah di pahami dan di pelajari dulu pastinya, akhir kata, salam blogger :).

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)