Mengenal OSI Layer

Mengenal OSI Layer. Dalam dunia jaringan, OSI(open system interconnection) Layer pasti sudah sering kita dengar, bahkan OSI Layer sangat di perlukan untuk menjadi referensi sebuah jaringan yang akan kita buat. OSI merupakan standarisasi yang di keluarkan oleh ISO(international standaritation organization)untuk membuat standarisasi jaringan tadi.
OSI Layer, di bagi menjadi 7 layer seperti gambar di samping. Namun jangan keliru untuk membacanya, karena jika di urutkan berdasarkan nomor menjadi physical, data, network, transport, session, presentation, application namun jika membaca OSI-nya harus dari kebalikan atau membaca dari bawah sehingga di baca seperti pada gambar di samping ini.
Model OSI ini pertama kali di kenalkan pada tahun 1984 dan sampai saat ini masih digunakan untuk merancang jaringan, OSI juga merupakan salah satu solusi menangani kompabilitas sehingga tidak membatasi jaringan walau pun berbeda vendor.
Nah itu tadi adalah sedikit pengenalan tentang OSI Layer, semoga saja dapat berguna bagi teman-teman yang membutuhkan, untuk informasi yang lebih lanjut tentang bagian-bagian dari OSI Layer, tulisannya akan segera menyusul di tunggu saja :), salam blogger.

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)