Membuat Jam Digital Flash Sendiri

Membuat Jam Digital Flash Sendiri, bagaimana membuatnya apakah membutuhkan waktu yang lama, dan jawabannya tidak karena setelah mempelajari kurang dari 1 jam dari beberapa tutorial, akhirnya Penulis bisa membuat jam digital dengan menggunakan flash 8. Dan karena ini adalah ilmu baru jadi Penulis ingin berbagi kepada teman-teman yang ingin membuat jam flash untuk web/blog nya sendiri, meskipun masih sederhana tentu kita lebih bangga menggunakan widget blog yang kita buat sendiri dari pada hanya sekedar memasang widget yang disediakan beberapa situs terkenal.
Dan apa saja yang perlu kita butuhkan untuk membuat jam digital, pertama tentu saja software nya, Penulis menggunakan Macromedia flash 8 atau macromedia flash lainnya juga bisa yang penting macromedia flash. Mungkin secangkir minuman, rokok(bagi perokok) dan musik juga dapat menemani, supaya suasana lebih asik dan lebih mudah membuatnya(hehehe).

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat jam digital flash:
  • Jalankan macromedia flash tentunya, dan setelah itu buat flash document.
  • Setelah terbuka atur ukuran, sesuaikan saja dengan blog teman-teman. Disini Penulis menggunakan ukuran 100x50 px.
  • Selesai mengubah ukuran lembar kerja, buat 3 buah dinamic text dengan nama var masing-masing jam, menit, dan detik.
  • Buat 2 buah static text untuk pemisah jam nantinya misal dengan : dan akhirnya format jam nya menjadi jam:menit:detik.
  • Sampai disitu tidak ada masalahkan, dan jika sampai langkah tersebut klik frame layer 1 dan tekan F9 pada keyboard, dan copy script berikut:
onEnterFrame = function () {
waktu = new Date();
jam = waktu.getHours();
menit = waktu.getMinutes();
detik = waktu.getSeconds();
if (jam<10) {
jam = "0"+jam;
}
if (menit<10) {
menit = "0"+menit;
}
if (detik<10) {
detik = "0"+detik;
}
};
  • Setelah selesai tekan ctrl+enter dan jam sudah selesai. Dibawah merupakan jam yang sudah selesai Penulis buat. Jangan lupa letak dan ukuran disesuaikan sendiri ya.


Jadi ga susah kan membuatnya, sebenarnya dapat diberi background supaya jam lebih menarik tapi pelajari sendiri ya, sekarang Penulis lagi malas membuat kata-kata, jadi mungkin lain kali kalau ga malas lagi(hehehe) Penulis dapat menambah atau update tentang jam ini. Selamat mencoba dan jika masih bingung atau ada yang kurang dapat. Komen pada artikel ini dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat, salam blogger :)

2 komentar :

  1. pelit kau les, buat lah gimana nambah background nya ..

    roman :)

    ReplyDelete
  2. nambah background gmpang aja, pertama sebelum buat insert aja foto yang mw di jadikan background, trus ikutin aja spt step2 pda artikel ini :)

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun ya :)