Apa Itu Coding ?

Apa Itu Coding ? Secara umum atau secara garis besar Coding jika di istilahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Pemrograman. Bahasa yang digunakan oleh OS(Operating System) dalam melakukan suatu tugas tertentu disebut Coding. Karena dalam komputer hanya mengenal yang namanya Bahasa Biner yaitu bilangan 1 dan 0, maka manusia sulit untuk mengerti bahasa ini jadi di buatlah bahasa tingkat tinggi yang dimengerti oleh manusia yang di sebut bahasa pemrograman hight level.
Coding bertujuan tentu untuk membuat program komputer, dan program komputer itu sendiri adalah kumpulan instruksi-instruksi dalam membantu sebuah komputer dalam mengeksekusi untuk melakukan aktifitas tertentu. Banyak bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah program komputer, seperti VB(Visual Basic), Java, PHP dan masih banyak bahasa pemrograman komputer lainnya.
Untuk lebih mengerti dalam pemrograman alangkah lebih baiknya untuk mempelajari alogritma dan pemrograman karena program takkan pernah lepas dengan yang namanya algoritma selain untuk melatih cara kerja program, juga sebagai acuan atau langkah-langkah dalam membuat program seperti rancangan dan apa-apa saja yang harus di persiapkan.
Jika sudah mengerti dan memahami jalan algoritma, sudah pasti pemrograman akan mudah untuk kita buat tanpa harus banyak menemui kendala, ada pun kendala pasti akan lebih mudah untuk di cari solusi atau jalan keluarnya.
Ayo semua happy coding, mari belajar membuat program dan mari memahami algoritma pembuatan program itu sendiri. Dan jika penulis sudah mempelajari lebih dalam tentang itu semua, pasti akan sesegera mungkin di posting pada blog kesayangan ini :D, oke sekian dulu salam blogger :).

16 komentar :

  1. Terimakasih mas untuk penjelasan arti codingnya,posting anda yang ini sudah sangat membantu saya dalam hal menambah kazanah dibidang ilmu internet,sekali lagi terimakasih,salam blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjunganny mas :) semoga bermanfaat karena saya jg masih terus belajar, mari sama2 belajar. salam blogger ^_^

      Delete
  2. sangat membantu infonya gank,,

    ReplyDelete
  3. Sya mau tanya ,sy lylusan SMA dan sy mengambil kuliah jrusan TI kta orang2 lulusan SMA GK COCOK ambil TI mhon pncrrahanya☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMA tergantung jurusan gan, setau ane sih yg jurusan IPA doang yg bisa masuk TI dan masalah cocok ga cocok sih tergantung kita aja. kalau misal kita punya minat ke TI pasti cocok2 aja.

      alternatif misalkan anak SMA yg minat bidang IT bisa ambil kuliah jurusan Sistem Informasi, nah kalau itu bisa untuk IPS setau ane. Beda TI dan SI bisa digoogling :D

      Delete
  4. Bantu Ane Nentuin Gan,
    Sorry Copas Thread Ane Di Ka*kus

    :ultahhore Hai Gan Mohon Bantuannya...

    Maaf Kalo Salah Kamar...

    Ane Yusuf AidiL Siswa Kelas XI Jurusan Tata Niaga/Pemasaran Di SMKN 1 Polewali.
    Ane Sekarang Masih Kelas 2 SMK Tapi Akhir" Ini Setiap Hari Ane Selalu Memikirkan Mengenai Jurusan Yang Akan Ane Ambil Di PTN Idaman Ane Nanti. :nohope

    Berikut Daftar Jurusan Yang Akan Ane Pilih (Diurutkan Sesuai Level Minat Ane):
    >TI (Teknik Informatika)
    >Manajemen
    >Ekonomi

    Berikut Ane Jabarkan Alasan Mengapa Ane Tertarik Dengan Jurusan Diatas...
    :ngacir2 :ngacir
    Ane Nggak Punya Laptop/PC, Ane Bahkan Tidak Ahli Mengoperasikan Ms Word. Tapi Ane Sangat Tertarik Dengan Jurusan Ini, Semua Itu Berawal Saat Pertama Kali Ane Memegang HP Nok*a OS Symbian.

    Jika Disini Ada Mantan Symbianer Pasti Tau. Symbian Itu Merupakan Sistem Operasi Open Source Yang Bisa Memberikan Kita Akses Untuk Memodifikasi File" Sistem Pada HP Tersebut.

    Ane Cukup Lama Memakai HP Tersebut Dan Selama Itu Juga Ane Terus Memodifikasi File" Sistem Yang Ada Di HP Tersebut. Mulai Dari Membuat Animasi Startup/Shutdown, Memodifikasi Software Bawaan, Sedikit" Mengedit Game Java Dan Untuk Ane Sangat Penasaran Dengan Cara Kerjanya Untuk Aplikasi Berbasis Python. Sekarang Ane Pake Android Dan Terkadang Melakukan Oprek" Ini Itu Di Sela Waktu Luang Dan Tidak Jarang Hasilnya Malah Bootloop Hehe... Yah Walaupun Itu Semua Tidak Begitu Sulit Tapi Ane Menikmati Itu. :games

    Nah Dari Situlah Ane Tertarik Untuk Masuk Jurusan Teknik Informatika Karena Yang Ane Tau, Di TI Kita Diajarkan Mengenai Komputer Yang Tidak Jauh Dari Hobi Ane Di Atas. Sehingga Ane Menyimpulkan Bahwa Disanalah Tempat Ane. :cystg


    Dan Disinilah Timbul Keraguan Ane.
    PERTANYAAN ANE.... :bingung

    1) Ane Sebenarnya Belum Tamat SMP Dan Ane Hanya Ikut Ujian Paket B Untuk Mendaftar Di SMK Ane Yang Sekarang Sehingga Ane Sangat Banyak Ketinggalan Mata Pelajaran Yang Harus Ane Tahu... Contohnya Matematika, Ane Banyak Ketinggalan Rumus" Yang Harus Ane Ketahui Yang Mungkin Akan Dibutuhkan Di TI Nanti. Karena Katanya Di TI Sangat Dibutuhkan Ilmu Matematika Dan Ane Tidak Tau Ilmu Matematika Yang mana Yang Dimaksud ? Kalau Bahasa Inggris Ane Lumayan Bisa Berkat Hobi Ane Game & Nyanyi Lagu Barat :cool

    2) Ane SMK Jurusan Tata Niaga/Pemasaran Yang Sangat Jauh Dari Jurusan TI. Ane Dapat Jurusan Itu Bukan Karena Pilihan Ane, Tapi Karena Ane Nggak Lulus SMP Dan Jurusan Tersebut Katanya Tidak Sulit.

    3) Katanya Jurusan TI Susah Masuk Dan Susah Keluarnya, Ane Takut Gak Bakal Bisa Lulus Saat SBMPTN Karena TI Bukan Jurusan Awal Ane Saat Di SMK. Sampai Saat Ini Ane Termasuk 3 Besar. Ane Juga Sebenernya Ngincer SNMPTN/Kalau Bisa Bidik Misi Dan Ane Khawatir Kalo Nggak Bisa Lanjut Lewat SNMPTN/Bidik Misi Selain Jurusan Yang Kita Pilih Di SMK. Karena Itu Ane Masukin Jurusan Manajemen & Ekonomi Karena Ada Kaitannya Dengan Jurusan Ane Di SMK.

    4) Apakah Jurusan TI Hanya Untuk Orang Ekonomi Menengah Keatas ?, Katanya Jurusan TI Itu Nggak Mudah Tapi Ane Niatnya Mau Kuliah Sambil Kerja, Apakah Ane Bisa ?

    Ane Butuh Bantuan Agan Agar Ane Bisa Milih Jurusan Ane Dengan Tepat...

    ReplyDelete
  5. Gud lah....saya mah...pengen jadi pembuat game

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang santun ya :)