Dasar-dasar PHP

Sebelumnya saya menganjurkan teman-teman untuk mengetahui apa itu PHP, silahkan googling karena saya tidak membuat artikel yang membahas tentang itu hehehe.
Ini adalah materi usang dan amat sangat classic, tapi cuma ingin berbagi aja kepada teman-teman yang baru mulai belajar PHP, sama saya juga baru belajar dan baru mulai untuk memperdalam jadi saya ingin membuat tutorial sekaligus dokumentasi dan artikel ini akan bersambung-sambung di karenakan saya ingin membuat tutorial dari mencetak sampai yang lebih jauh lagi yang bisa saya bagi tentunya.

Oh iya sebelum membuat tentu sudah tau kan apa-apa saja yang diperlukan untuk menjalankan file PHP? kita butuh web server lokal seperti xampp,appserv dan lainnya. Silahkan untuk memenuhi persyaratan itu terlebih dahulu untuk memulainya :p

  • Sintaks untuk mencetak/print pada PHP. Untuk print atau mencetak yang umum digunakan adalah 2 sintaks berikut:

<?
echo "Ini koding pertama saya dengan PHP";
?>

Atau
<?php
echo "Ini koding pertama saya dengan PHP";
?>

  • Ini juga bisa ditambahkan pada script PHP yaitu komen, dan fungsi dari komen senidri hanya untuk memudahkan kita untuk mengetahui fungsi-fungsi dari setiap script yang telah kita tulis, ketik sih sebenarnya :D. Contoh-nya seperti berikut:

<?php
echo "Ini koding pertama saya dengan PHP"; //echo berfungsi sebagai perintah untuk mencetak
?>

Atau
<?php
echo "Ini koding pertama saya dengan PHP"; /* echo berfungsi sebagai perintah untuk mencetak */
?>
Hasil dari atau outputnya bisa dilihat seperti gambar diatas. Untuk sementara cukup sampai disitu tutorial dasar-dasar PHP yaitu tentang mencetak dan juga komentar pada PHP, untuk dasar-dasar PHP berikutnya sesegera mungkin akan saya update, keep coding and keep blogging. Salam blogger

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)