Mengenal Open Source

images by wikipedia.org
Open Source, kata ini pertama kali saya dengar waktu SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) dan waktu itu awal saya mengenal salah satu produk open source adalah distro linux. Saya juga pernah membuat artikel mengenal distro linux, tapi open source itu sebenarnya bukan hanya untuk OS(Operating System). Dalam dunia website terutama CMS(Content Managment System) juga ada yang open source, sebut saja seperti yang terkenal joomla, drupal dan lainnya.
Salah satu kelebihan dari open source sendiri adalah bisa untuk kita kembangkan dan kita pakai sesuai keinginan kita, karena lisensi yang bebas dari produk-produk open source itu sendiri.
Contoh sederhana pengembangan ini adalah pembuatan website dengan menggunakan joomla, kita bisa mengoprek dan mengganti tampilan serta kode yang ada di dalam joomla tadi tanpa perlu khawatir mendapat tentangan dari perusahaan joomla tadi, karena seperti penjelesan diatas tadi, ini sudah bebas. Enak kan?
Atau kita menggunakan OS linux Ubuntu, semua program kita mulai dari OS-nya, aplikasi office, browsing dan lainnya itu bisa kita dapatkan gratis, tidak seperti produk Microsoft tentunya.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita sudah siap untuk menggunakan open source? kenapa itu pertanyaannya ? tentu saja, kita tau mayoritas di negara kita Indonesia cenderung menggunakan aplikasi berbayar tetapi tidak membayar, perlu di perjelas? maksudnya adalah menggunakan produk bajakan dengan memakai crack buatan cracker jadi kita bisa menggunakan aplikasi dan program dengan gratis tanpa membeli lisensi resmi.
Apakah itu melanggar hukum? tentunya itu sama dengan pembajakan, karena pihak penjual tidak mengizinkan untuk memperbanyak tanpa izin atau dengan kata lain untuk mempunyai produk tersebut mesti membayar dan jumlah untuk membeli suatu produk itu tidaklah murah. 
Jelas open souce bisa menjadi solusi yang sangat tepat, hanya saja sampai saat ini komunias open source itu masih bisa dihitung dengan jari, semakin hari memang produk-produk open source semakin banyak peminat, sebut saja seperti OS Hp atau tablet yang sekarang lagi booming dengan Android-nya, dan itu juga adalah produk open source. Saya sendiri juga bleum terlalu banyak mengguankan produk open source tetapi sedang tahap untuk mengurangi ketergantungan pada program,software dan aplikasi bajakan :). Jadi ayo sedikit demi sedikit gunakan produk open source, karena kita ga mau selamanya mencuri kan? kecuali kita mempunyai uang berlebih untuk membeli produk-produk pasaran yang ga gratis. Salam blogger :)

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)