Mengenal Augmented Reality(AR)

Images by techvert.com
Apa yang terlintas di benak teman-teman bila mendengar kata AR(Augmented Reality) ? atau mungkin masih sedikit asing dengan kata-kata ini?
AR  adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata(wikipedia). Yang bearti adalah teknologi ini mentranslate dari benda dua dimensi berupa gambar dan mewujudkannya menjadi seperti nyata.

AR sendiri sebenarnya adalah teknologi lama yang di kenalakan pertama kali oleh Morton Heilig pada tahun 1950an. Namun akhir-akhir ini teknologi ini semakin menjadi buah bibir dikarenakan teknologi ini juga dikatakan sebagai teknologi masa depan(keren ya :D).

Perangkat-perangkat dalam AR:
  • Head Mounted Display(HMD), bila ingin melihat contoh gambarnya bisa klik link ini. HMD terbagi lagi menjadi 2 yaitu opaque HMD dan see-through HMD.Tentu keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan atau plus minus seperti hal umum pada perangkat lainnya. Untuk spesifikasi opaque HMD dan see-through HMD.
  • Virtual Retinal Display(VRD), untuk gambar klik link ini. Kalau peralatan atau perangkat ini berguna untuk memproyeksikan cahaya langsung ke retina pengguna. VRD juga dapat menampilkan proyeksi gambar yang penuh dan juga tembus pandang, sehingga pengguna dapat menggabungkan realitas nyata dengan gambar yang diproyeksikan melalui sistem penglihatannya. Namun, VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan, sehingga masih belum dapat menggantikan HMD yang masih dominan digunakan dalam bidang realitas tertambah.
  • Tampilan Berbasis Layar, teknologi ini sudah sangat familiar di perangkat gengam seperti LCD dan kamera. Perangkat genggam ini berfungsi seperti jendela atau kaca pembesar yang menambahkan benda-benda maya pada tampilan lingkungan nyata yang ditangkap kamera.
Berikut adalah video contoh dari Augmented Reality(AR):



Bagimana keren kan AR? :D tentu saja teknologi ini masih tahap pengembangan tapi bukan bearti teknologi ini tidak mungkin menjadi nyata, bisa saja teknologi seperti di film Iron Man akan menjadi nyata suatu saat nanti :p. Demikian sedikit tentang AR semoga bermanfaat dan bisa di pahami, salam blogger :)

Referensi:wikipedia.org

0 komentar :

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun ya :)