Mengenal Gelar Atau Sertifikasi Cisco CCNA

Cisco dalam dunia IT khususnya jaringan pasti pernah dan mungkin pernah mengikuti beberapa modul untuk pembelajaran. Cisco adalah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan jaringan yang berasal dari California, US. Kali ini saya tidak membahas mengenai perusahaannya tetapi akan membahas gelar atau sertifikasi dari Cisco.
Sebelum membahas gelar atau sertifikasi dari Cisco, mari yuk lihat pada gambar berikut:

Piramida Tingakatan Sertifikasi Cisco
Yah itu adalah piramida tingkatan dari sertifikasi Cisco dimana setiap level mempunyai sertifikasi yang berbeda. Untuk informasi lengkap silahkan kunjungi situs resmi Cisco.
Kali ini saya hanya ingin membahas satu gelar saja, karena pertama malas dan kedua maals juga dan ketiga malas juga -__-. CCNA(Cisco Certified Network Associate) adalah sertifikasi untuk entry level untuk teknisi jaringan dan memberikan tambahan ilmu dengan perangkat buatan Cisco tentunya. CCNA sendiri bisa kita miliki sertifikiasinya hanya untuk jangka waktu 3 tahun dan untuk mendapatkan gelar tersebut, pihak Cisco tidak mewajibkan untuk mengikuti training terlebih dahulu, jadi bisa langsung mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi tersebut dan untuk mengikuti ujian ini tidak gratis, tetapi jika kita mengikuti ini dan lulus, maka setiap perusahaan yang mempunyai perangkat Cisco pasti akan sangat susah untuk menolak teman-teman yang sudah lulus sertifikasi ini :D. 
Setelah mencari beberapa info, waktu ujian untuk mendapat gelar ini adalah 90 menit dan ini tentunya online bisa di bantu, tetapi pikirkan lagi. Jika lulus dan mendapat sertifikasi bisakah kita pertanggung jawabkan gelar tersebut? :D jadi sebelum mengikuti alangkah baiknya menguasai terlebih dahulu, seperti LAN dan desain WAN(termasuk OSI), IP Address, protokol router dan routing(OSPF,EIGRP dan RIP),VLAN(Virtual LAN) dan WLAN(Wireless LAN) dan yang berhubungan dengan hal-hal tadi.
Sebenarnya masih banyak sertifikasi yang disediakan oleh Cisco, tetapi menurut saya tidak semua juga mesti kita ikuti, karena kita harus memilih menjadi spesialis yang mana dan tentunya yang menarik bagi kita.
Sekian dulu artikel dari blog saya, yang berjudul Mengenal Gelar Atau Sertifikasi Cisco CCNA semoga bermanfaat, salam blogger :).

2 komentar :

  1. jika lulus gelar apa yang didapatkan? apakah ada gelar seperti ST atau Ir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gan, ini hanya gelar sertifikasi misalkan CCNA. Kalau untuk ST / Ir itu kan gelar akademis bukan sertifikasi :)

      Delete

Gunakan bahasa yang santun ya :)